Rabu, 12 Maret 2008

Kelola Sampah Anda Sekarang Juga!

Selamatkan Bumi dengan Tanganmu!

Tak ada yang sepele dalam menyelamatkan lingkungan hidup. Sekecil apapun kontribusi kita, manfaatnya pasti dirasakan kita semua. Banyak sekali yang dapat kita lakukan sehari-hari untuk meringankan beban bumi dan meningkatkan kualitas hidup sesama.

Panduan singkat ini adalah sambutan WALHI atas sejumput keingintahuan Anda.
Sebarkan informasinya di lingkungan warga sekitar rumah, kantor, tempat ibadah, tempat berdagang, dan sekolah lewat papan pengumuman, milis, maupun obrolan.

Tentunya, jangan lupa untuk terus mencari, mengembangkan, dan menerapkan berbagai informasi mengenai penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia.

Sedikit aksi, kurangi banyak sampah!

1. Kurangi Sampah -- Bawa tas kain sendiri saat berbelanja untuk menghindari penggunaan tas plastik dan tas kertas. Hindari membeli dan membuat produk dengan kemasan berlebihan, dan yang menggunakan styrofoam.

2. Gunakan Kembali – Gunakan kembali botol dan wadah kemasan produk untuk penyimpanan daripada membeli baru. Jangan membuang barang yang masih layak digunakan, berikanlah kepada yang membutuhkannya.

3. Daur ulang – Pilah sampah rumah tangga Anda. Sampah basah dapat dijadikan kompos tanaman. Tempatkan sampah kertas, plastik, dan botol gelas yang telah dipilah di tempat terpisah dan persilahkan pemulung mengambilnya untuk di daur ulang.

4. Pastikan agar 3 prinsip di atas diterapkan di rumah, sekolah, kantor, tempat ibadah dan tempat berdagang. untuk mengurangi jumlah sampah yang sampai ke tempat pembuangan akhir.

5. Dorong pemerintah membuat kebijakan dan fasilitas pengelolaan sampah berdasarkan 3 prinsip di atas dan melibatkan masyarakat dan komunitas pemulung. Klik untuk memahami bahwa Mengelola Sampah Sama dengan Mengelola Gaya Hidup.


Sedikit aksi, selamatkan banyak air!

1. Biasakan hemat air saat mencuci pakaian, peralatan makan, menyiram tanaman, mencuci kendaraan bermotor. Jangan biarkan air mengalir terus saat menggosok gigi, mencuci rambut dan menyabuni tubuh. Matikan keran dan buka kembali saat Anda membutuhkannya.

2. Kurangi penggunaan bahan kimia yang semakin mencemari perairan, seperti deterjen, pembersih lantai, pestisida, dll. Jangan membuang sampah dan limbah ke sungai, laut, danau, pantai, dll.

3. Pastikan agar sekolah, kantor, tempat ibadah dan tempat berdagang menerapkan penghematan air dan memasang kakus yang membedakan volume air siram untuk buang air kecil dan air besar. Pastikan bangunan rumah, kantor, dan sekolah memiliki sumur resapan yang memungkinkan air hujan masuk ke dalam tanah.

4. Dukung kampanye penyelamatan sumber daya air Indonesia! Klik untuk memahami kondisi kritis sumber daya air di Indonesia serta pentingnya pengelolaan air untuk semua orang tanpa kecuali. Kunjungi sungai, danau, laut terdekat dan pahami pentingnya air bagi kehidupan semua mahkluk.

Turun tangan selamatkan lingkungan ternyata ringan!



Tidak ada komentar: